Categories
Rumah

Memilih Furnitur Multifungsi

Meski furnitur multifungsi pasti menjanjikan kelebihan, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli. •            Mudah untuk dipindahkan (mobile), misalnya meja saji beroda yang juga memiliki ruang-ruang penyimpanan untuk piring dan gelas dipastikan aman ketika didorong berpindah tempat. • Mampu berubah bentuk (transformable) dengan cepat. Contohnya meja belajar yang bagian atasnya dimodifkasi sebagai cermin sehingga meja tersebut berfungsi sebagai meja rias.

• Harus nyaman dan aman. Furnitur multifungsi biasanya dilengkapi dengan sistem mekanik, baik yang sederhana maupun yang canggih untuk memudahkan ketika beralih fungsinya. Perhatikan sistemnya, terutama sambungannya sehingga merepotkan dan membahayakan penggunanya ketika digeser, diangkat, atau dilipat. • Furnitur tersebut jangan berbeda desain dengan ruangan, contohnya meja model klasik akan terlihat canggung di ruangan yang bergaya modern.

Kelebihan : • Memenuhi beberapa kebutuhan sekaligus. • Lebih hemat.

Kekurangan : • Memenuhi beberapa kebutuhan sekaligus. • Lebih hemat.

Categories
Rumah

Furnitur Multifungsi Menyatukan Beragam Kebutuhan

Menyatukan beberapa fungsi dalam satu furnitur merupakan solusi keterbatasan ruang yang jitu. Karena lahan yang terbatas pada rumah mungil, maka kita harus memanfaatkan setiap jengkalnya secara maksimal. Furnitur yang mengisi pun harus dipilih dan diolah dengan cermat agar tidak banyak memakan tempat. Furnitur multifungsi layak dipertimbangkan untuk digunakan karena memiliki kelebihan, yaitu bisa memenuhi 2–3, atau bahkan lebih fungsi yang berbeda.

Baca juga : Jual genset Surabaya

Saat ini di pasaran banyak tersedia furnitur multifungsi dengan desain yang inovatif. “Dengan sistem yang terintegrasi, furnitur multifungsi ini secara unik bisa beralih bentuk dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda, misalnya dilipat, digeser, diangkat, atau diperpanjang,” jelas Liliana Sitanaya, Desainer interior The Arsitex. Jika ternyata sulit menemukan yang cocok, Anda bisa memesan ke produsen furnitur dengan penyesuaian ukuran, bentuk, warna, dan materialnya.

Furnitur multifungsi selalu tersedia pada saat dibutuhkan untuk memenuhi fungsi utamanya dan memiliki fungsi praktis lainnya yang melekat. Oleh karena itu fsiknya bisa ditanam, ditempel, atau mobile. Sebuah furnitur juga bisa disebut multifungsi tanpa adanya perubahan pada bentuknya, misalnya kabinet TV bisa berfungsi sebagai partisi sekaligus sebagai ruang penyimpanan.

Melihat kondisi, fungsi, dan komposisi yang dibangun untuk memenuhi beberapa fungsinya maka tidak mengherankan jika harga furnitur multifungsi biasanya lebih mahal. Namun, jika dihitunghitung, itu bisa jadi lebih murah dibandingkan jika Anda membeli beberapa furnitur yang berbeda. Lagi pula, selain hemat biaya juga akan hemat ruang sehingga kesan lapang bisa tercipta di rumah mungil Anda.

Ragam Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi yang baik bisa memenuhi beberapa kebutuhan secara bersamaan atau bergantian. Inilah beberapa contoh furnitur multifungsi yang biasanya mengisi kebutuhan pada rumah mungil. • Meja yang ada ekstensinya yang bisa “dihilangkan” setelah digunakan dengan cara menarik bidang ekstensi tersebut ke dalam rongga di bawahnya atau melipatnya ke dalam. • Meja kopi yang bisa berubah bentuk dan di bagian kolongnya untuk tempat penyimpanan. • Tempat tidur anak bertingkat yang bawahnya dapat digunakan untuk ruang belajar, sedangkan tangganya untuk ruang penyimpanan.

Categories
Rumah

Tips Penataan Ideal

Untuk penataan ideal, yang harus dipertimbangkan adalah masalah sirkulasi mobilitas dari penggunanya. Selama tidak mengganggu sirkulasi ideal penggunanya, maka tidak akan bermasalah. Ketika sedang tidak dipakai, sofa bed bisa dilipat sehingga bentuknya menjadi lebih ringkas. Furnitur tempat tidur yang dapat dilipat. Ketika dalam posisi terlipat, bentuk tempat tidur menjadi lebih ringkas sehingga ruangan menjadi lebih luas.

Kelebihan : • Menghemat tempat dan ruangan • Dapat dibuat sebagai furnitur multifungsi. • Lebih bergengsi karena ada penggunaan teknologi maju

Kekurangan : • Harga lebih mahal karena ada tambahan sistem, fungsi, dan proses kerja. • Butuh tenaga ekstra untuk mengembalikan furnitur ke bentuk asal maupun sebelumnya. • Seringkali ukurannya terbatas.

Categories
Rumah

Furnitur Lipat Fleksibel Dan Hemat Ruang

bentuknya yang fleksibel, bisa dilipat dan dibentuk kembali sesuai dengan fungsi aslinya, menjadikan jenis furnitur ini efisien dan hemat ruang. cocok digunakan di rumah mungil. Salah satu kriteria furnitur yang cocok untuk rumah mungil, menurut desainer interior Raden Mas Nicolaus Aji, adalah efsien dan hemat dalam pemakaian ruang.

Baca juga : Jual Genset Bali

Furnitur lipat (foldable) adalah salah satu jenis furnitur yang memenuhi syarat tersebut. Sesuai dengan namanya, furnitur jenis ini dapat dilipat ketika sedang tidak dipakai. Saat seperti itu, bentuk furnitur menjadi lebih ringkas dan ukurannya lebih ramping. Ruang yang tersedia, menjadi lebih luas. Namun, ada juga furnitur yang ketika sedang dilipat, tidak membuat ruangan menjadi lebih luas. Hanya fungsi furniturnya yang berubah.

Misalnya, jika fungsi awalnya sebagai tempat tidur, maka ketika furnitur dilipat berubah fungsi menjadi sebuah kotak. Ada beberapa furnitur yang memungkinkan untuk dilipat. Selain tempat tidur, juga ada kursi tamu, sofa, tempat penyimpanan (rak), meja makan, meja belajar, meja rias, dan meja dorong.

Beberapa fungsi bahkan bisa disatukan dalam sebuah furnitur, yang semuanya bisa dilipat. Saat ini furnitur lipat bisa diperoleh dalam bentuk jadi yang dijual di showroom-showroom furnitur. Akan tetapi, jika Anda kurang puas dengan furnitur yang sudah jadi, Anda bisa memesannya melalui jasa desainer interior.

Kriteria Ideal untuk rumah Mungil

Sebuah furnitur memungkinkan untuk dilipat dan dipasang kembali karena memiliki bagian yang dapat dilipat serta sistem berbentuk engsel atau pegas. Agar efektif sebagai solusi di rumah mungil, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli atau memesannya.

1. Fungsi, desain dan ukuran furnitur harus sudah ditentukan sejak awal.

2. Peletakannya harus disesuaikan dengan fungsi dan dimensi ruang.

3. Tidak menggunakan detil-detil dan motif terlalu rumit agar tidak terlalu memusingkan.

4. Pilih furnitur yang berdesain “ringan” dan sederhana.

5. Jika memungkinkan, hindari pemakaian furnitur yang akan menyisakan ruang ketika diletakkan (bentukan kurva atau lengkung). Karena akan banyak ruang yang terbuang.

6. Untuk mendapatkan meja lipat sesuai keinginan, sebaiknya memesannya pada perajin kayu atau spesialis pembuat furnitur.

Categories
Berita

Abc Luncurkan Sambal Bajak DAN Sambal Hijau

Meneruskan kesuksesan serial sambal ABC Homestyle sebelumnya, PT. Heinz ABC Indonesia kembali meluncurkan 2 produk sambal terbaru, yaitu Sambal Bajak dan Sambal Hijau. “Kedua jenis sambal ini melengkapi dua sambal sebelumnya, yaitu Sambal Terasi dan Sambal Masak,” terang Eka Sri Aryanti, Senior Brand Manager PT Heinz ABC Indonesia, dalam acara peluncuran yang berlangsung di restoran Seribu Rasa di Jakarta, Rabu (21/01).

Sambal yang berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera Barat ini terangkum dalam tagline yang memadukan bahasa Jawa dan Minang “Uenaak Pedasnyo!”,. Selain bisa dikonsumsi langsung, sambal ABC Homestyle juga dapat digunakan dalam beragam masakan karena semua citarasa sambal ini lekat dengan selera orang Indonesia.

Untuk memperkenalkan ragam produk sambal ini, Eka mengadakan program sosialisasi di perkantoran, perumahan, pasar swalayan, dan berbagai event kuliner di berbagai daerah. “Tujuannya agar masyarakat dapat menikmati langsung kelezatan citarasa sambal Nusantara melalui produk sambal ABC Homestyle,” tutupnya

Categories
Rumah

Mengolah Ruang Tidak Simetris

Karena beberapa hal, sebuah ruang menjadi miring atau tidak simetris. Dengan penataan yang tepat, kondisi ruang yang tidak seimbang itu bisa disamarkan atau justru menjadi daya tarik tersendiri. Kadang kita jumpai sebuah ruang yang memiliki ketidakseimbangan fisik atau tidak simetris sehingga menyulitkan ketika diolah.

Baca juga : Jual Genset Jakarta

Menurut Iqra Firdausi, desainer interior dari Soseki Design and Build , ruang asimetris adalah ruang yang memiliki perbedaan pada masing-masing sisinya. Sebagai gambaran, jika ruang tersebut dibagi dua, maka akan terbentuk dua bagian yang tidak sama ukurannya. “Perlu teknik tertentu agar ruang asimetris terlihat tidak terlalu mengganggu,” kata Daus, nama panggilan Firdausi.

Namun, menurutnya, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk menghasilkan keseimbangan pada ruang asimetris. Bagaimanapun ruang tersebut sudah terlihat berbeda dari pada umumnya. Ruang asimetris bisa terbentuk oleh 3 kemungkinan, yaitu dinding yang miring, posisi bukaan yang mengganggu, dan atap yang miring. Berikut beberapa contoh kasus ruang asimetris plus solusi dari Daus untuk mengatasinya.

Plafon Miring

Loteng atau ruang di bawah atap bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekstra ruang. Karena posisinya di bawah atap, maka posisinya pun miring mengikuti kemiringan atap sehingga terbentuk ruang yang asimetris.

Solusi

• Mula-mula, hilangkan kesan panjang namun sempit karena bentuknya yang miring, dengan cara mengecat bagian dinding yang terendah dengan warna gelap. Selain berfungsi sebagai aksen, warna ini menyamarkan dinding panjang.

• Apabila luas ruangnya cukup luas, kita bisa membuat konfigurasi furnitur secara diagonal untuk membuat samar secara visual.

• Olah plafon yang miring dengan dua pilihan cara. Cara pertama, samarkan garis langit-langit menggunakan cat berwarna netral yang sewarna dengan dinding. Cara kedua, justru dengan sengaja mengekspos rangka plafon sehingga plafon menjadi focal point.

• Maksimalkan fungsi area lutut dinding, yaitu area yang memiliki ketinggian paling rendah. Jika ketinggiannya dirasa aman, letakkan furnitur dengan fungsi duduk atau berbaring, yaitu sofa atau tempat tidur agar area mati pun bisa berfungsi.

Categories
Tekno

Cerdas Bersama Komunitas Peri Kertas II

Teknorus.com – Tiap hari ada posting baru berkaitan dengan paper craft. Dari Facebook lahir pula komunitas regional yang dibuat di berbagai kota,” katanya. Sementara, kegiatan of?ine berupa pameran, gathering, event, atau berkumpul untuk merancang proyek baru. “Kegiatan regional biasanya diadakan seminggu sekali saat car free day . Saat ini sudah ada 24 komunitas regional karena antusiasme mereka tinggi sekali. Pasalnya, paper craft ini sangat unik dan mudah dilakukan siapa pun, dari anak kecil sampai orangtua.

Baca juga : Gambar Keren

Tak terbatas usia dan gender,” ujar Rauf. Komunitas ini sudah dua kali memecahkan rekor MURI, yang pertama pada tangggal 20 Desember 2012 seluruh teman­teman seIndonesia mengumpulkan karya. Tak hanya anggota saja tapi dibuka untuk umum, kami bagikan pola paper craft di website gratis. Pola diwarnai, baik secara digital maupun manual, lalu dirakit dan dikirim ke Jakarta. Terkumpul 2.792 paper craft dan berhasil meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Selanjutnya baru saja di dapatkan yaitu tanggal 20 Desember 2014 untuk pohon natal tertinggi dengan kertas setinggi 9,6 meter. Hobi yang satu ini memang benar­benar membutuhkan kesabaran, ketekunan, ketelitian, dan sikap pantang menyerah. Tapi, hobi ini termasuk murah meriah. Peralatan yang dibutuhkan hanya gunting atau cutter dan lem. Polanya tinggal diunduh gratis di situs paper replika. Untuk tambahan, ada peralatan lain yang bisa lebih memudahkan yaitu cutter khusus yg matanya lebih kecil, tatakan untuk alas saat memotong, penggaris, dan pinset untuk menjangkau tempat­tempat atau lipatan yang kecil.

Komunitas PERI juga punya kegiatan sosial, mereka beberapa kali bekerjasama dengan Toys For Charity (gerakan non­proft yang menggelar acara dan bagibagi mainan untuk anak­anak yg kurang beruntung), mengadakan workshop paper replica di panti asuhan. Komunitas ini ingin mengajak orang­orang untuk lebih menghargai nilai kreativitas kertas. Ada beberapa yang sangat menghargai kreativitas Peri Kertas. Banyak perusahaan minuman, bank, akhirnya mengajak saat launching produk atau beriklan.

Categories
Resep

Lontong kikil 6 Porsi

Bahan kuah: 500 gram kikil sapi, potong-potong, rebus hingga empuk 6 lembar daun jeruk, buang tulangnya 100 gram bawang merah 3 siung bawang putih 1 cm jahe 2 buah cabai merah besar 3 cm kunyit 4 butir kemiri 1.500 ml kaldu sapi 4 sendok teh garam 1 sendok teh gula pasir minyak untuk menggoreng

Bahan pelengkap: 6 buah lontong 2 buah jeruk nipis, diambil airnya 2 batang daun bawang, diiris halus minyak untuk menggoreng

Cara membuat: 1. Rebus kikil dan daun jeruk bersama kaldu sapi hingga mendidih. 2. Goreng bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah, kunyit, dan kemiri sampai setengah layu. Angkat. Haluskan. 3. Tuang ke dalam rebusan kikil. Tambahkan garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. 4. Potong-potong lontong, taburkan daun bawang. Siramkan kuah berikut kikil panas. Sajikan dengan air jeruk nipis.