Aturan Ganjil-Genap Diperpanjang, 600 Polisi Ikut Mengawasi

Ajun Komisaris Besar Budiyanto, selaku kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya,menyatakan sekitar 600 anggota Polda Metro Jaya dan kepolisian resor akan disebar di seluruh kawasan pembatasan jumlah kendaraan berdasarkan pelat nomor ganjil-genap. “Penjagaan seperti biasa karena ini hanya meneruskan kebijakan sebelumnya,” katanya kepada media, kemarin.

Budiyanto menjelaskan, terdapat 26.055 pelanggaran sejak aturan ganjil-ge – nap diterapkan pada 1 Agustus hingga 31 Agustus lalu. Jumlah pelanggaran terbanyak terjadi di Ja lan Rasuna Said, Jakarta Selatan, yakni 4.442 pelanggaran; Jalan D.I. Pan djaitan, Jakarta Ti mur (4.174) dan Jalan Benyamin Sueb, Jakarta Pusat (3.947).

Pemerintah DKI memperpanjang penerapan aturan ganjil-genap mulai hari ini hingga perhelatan pesta olahraga penyandang disabilitas se-Asia, Asian Para Games 2018, yang akan digelar pada 6-13 Oktober mendatang. Aturan ganjil-genap semula diadakan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas pada saat Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September lalu.

Perpanjangan aturan ganjil-genap tak mencakup semua wilayah. Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan, tidak terkena perpanjangan aturan tersebut karena tak ada arena Asian Para Games 2018 di kawasan itu. Di Pondok Indah terdapat venue golf Asian Games.

Jalan Benyamin Sueb juga akan dibebaskan dari aturan ganjil-genap sampai pembukaan Asian Para Games. Budiyanto menuturkan bahwa pelanggar aturan ganjil-genap akan dikenai sanksi tilang. Berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, ancaman hukuman bagi pengemudi yang melanggar rambu lalu lintas maksimal 2 bulan kurungan atau denda Rp 500 ribu.

Dia berharap jumlah pelanggar an menurun karena masyarakat sudah terbiasa melihat rambu dan tanggal. “Mudah-mudahan pelanggarnya berkurang.” Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, menyatakan sanksi tilang bisa langsung dilaksanakan karena Gubernur Anies Baswedan telah meneken Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 92 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap Menjelang dan Selama Penyelenggaraan Asian Para Games 2018. “Pergub sudah terbit sejak 31 Agustus lalu,” ujarnya.