Memotret Saat Ramadhan

Memasuki bulan puasa, tentu banyak ibadah yang ditunaikan. Namun, aktivitas fotografi­ tak perlu ditinggalkan. Saat bulan Ramadhan, seringkali banyak acara seputar fotogra­ digelar, untuk mengisi waktu luang dengan hal positif. Berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan, saat pemotretan di bulan Ramadhan.

Hindari memotret model seksi.

Bagi banyak pria, memotret objek dan suasana dengan model wanita, seakan menjadi pelengkap aktivitas fotogra­. Meski mungkin kamu tidak berpuasa dan foto dipakai koleksi pribadi, sebaiknya hindari sementara. Pakai model yang berbusana lebih sopan.

Anak kecil.

Bagi anak-anak, berpuasa bisa menjadi hal berat dan membosankan. Potretlah adegan mereka saat terkantuk menahan lapar dan haus, atau terkantuk-kantuk saat makan sahur.

Potret ibadah.

Aktivitas ibadah di bulan Ramadhan tentu marak. Potretlah saat tadaruz al Quran dengan sudut dan pencahayaan yang baik sehingga obyek biasa bisa tampil menawan. Potret mereka yang sedang sholat berjamaah dari sudut yang tak biasa, misalnya dari bagian paling atas mesjid atau bahkan dengan memotret dari sudut paling rendah dengan berbaring.

Kendalikan diri.

Jika kamu memotret mereka yang sedang beribadah, jangan terlihat terlalu menyolok. Sangat disarankan memotret dari jarak jauh dan diam-diam (candid).

Cari objek kontras.

Saat Ramadhan, banyak orang yang menjadi lebih khusyuk dan rajin beribadah, termasuk mereka yang kita anggap punya pekerjaan kurang baik seperti preman atau PSK. Tentu sebuah momen seru saat bisa memotret preman sedang berbuka puasa, atau saat PSK sedang mengaji.

Pekerja keras.

Berpuasa sambil tetap bekerja keras, tentu lebih terasa berat. Potretlah ekspresi mereka yang berpanas-panas bekerja sambil tetap berpuasa, seperti pekerja kasar, tukang bangunan, tukang sayur, atau pedagang kecil.

Kegembiraan.

Ramadhan bisa dijalani dengan suka cita. Potret wajah anak-anak yang bergembira saat mengisi waktu bercengkerama di mesjid atau malah saat bermain kembang api dan petasan.

Sedekah.

Aktivitas amal dan sedekah banyak dilakukan di panti asuhan atau mesjid. Potret ekspresi wajah penerima zakat yang penuh harapan dan kegembiraan saat menunggu antrian.