Perkembangan Handheld Konsol

Konsol, PC, Handheld. Selain memiliki fungsinya masing- masing, ketiga perangkat ini memiliki satu kegunaan yang sama, yaitu sebagai sarana untuk bermain game. Namun, keterbatasan dan karakteristik hardware yang terpasang di dalamnya seingkali membuat orang harus memilih salah satu perangkat ynag bisa dijadikan alat bermain game terfavorit. Di sisi lain, orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam industry game maupun hardware tertarik untuk menggabungkan konsol dan handheld.

Alasannya tentu saja untuk memenuhi keinginan bermain para gamer mobile. Hasilnya, di zaman ini muncul handheld konsol bertenaga yang sanggup menghasilkan tampilan visual berkualitas. Konsep handheld konsol sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1989, lebih tepatnya saat Game Boy besutan Nintendo pertama kali dikenalkan. Perkembangan konsol kecil dan mobile ini memang meningkat drastis dalam empat tahun terakhir. Berikut beberapa handheld konsol wajib Anda lihat.

NVIDIA SHIELD

Tidak berfokus pada pengembangan dan pembuatan chipset GPU, NVIDIA juga ingin menyatakan bahwa mereka sanggup menyediakan perangkat bermain yang mudah dibawa berpergian. Perangkat tersebut adalah NVIDIA SHIELD. Dari beberapa contoh bentuknya yang CHIP sertakan, dapat terlihat bahwa desain handheld konsol ini cukup unik. Sebuah controller dengan standar tata letak tombol dari controller Microsoft Xbox 360 yang diduetkan dengan layar kecil berukuran 5 inci.

Tidak ingin setengah-setengah, mereka pun menanamkan salah satu chipset GPU mobile tercanggih, NVIDIA Tegra 4. Konsol mobile berbasis sistem operasi Android Jelly Bean tidak hanya memiliki akses ke dalam game-game yang tersedia pada beranda Google Play Store, beberapa developer juga menyediakan game Razer Edge bisa digunakan dalam berbagai mode. Konsol ini juga bisa menggunakan controller tambahan seperti Razer Sabertooth.

Khusus agar tampilan grafis yang ditawarkan bisa lebih maksimal. NVIDIA GameStream menjadi salah satu feature unggulan yang disematkan. Feature ini memungkinkan penggunanya untuk men-streaming game-game PC langsung ke dalam NVIDIA SHIELD. Selain untuk bermain, SHIELD juga memiliki fungsi layaknya tablet, seperti mengakses email, menonton film, dan memutar musik.