Sehatkah Isi Piring Si Kecil? Bagian 2

Oranye = Grains Kelompok ini adalah makanan yang terbuat dari gandum, oat, tepung jagung, atau biji-bijian lain. Roti, tortila, sereal, nasi, dan pasta juga termasuk dalam kelompok ini. Usahakan setengah bijian-bijian yang buah hati nikmati adalah gandum utuh, seperti oatmeal, beras merah.

Gandum murni memiliki serat makanan yang membantu si kecil merasa kenyang dan akan melindunginya dari konstipasi. Diet kaya biji-bijian juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Yang perlu kita ketahui ada perbedaan mengenai whole grains dengan refined grains. Whole grains itu ar tinya biji-bijian (termasuk padi) tersebut masih memiliki kulit yang utuh termasuk kulit ari yang kaya akan vitamin. Contoh whole grain adalah whole-wheat flour atau brown rice.

Kalau refined grains itu artinya biji-bijian tersebut sudah diolah sedemikian rupa, yang mana proses ini menyebabkan hilangnya serat, zat besi, dan berbagai vitamin. Contoh refined grain adalah beras putih dan roti putih. Nah, untuk mengembalikan zat gizi yang hilang dalam proses pengolahan ini biasanya oleh produsen ditambahkan kembali nutrisi yang tadinya hilang dalam pengolahan sehingga banyak refined grains yang istilahnya “diperkaya” namun sebetulnya adalah berusaha mengembalikan zat gizi yang hilang selama pengolahan.

Ungu = Protein Makanan Makanan tinggi protein akan membantu memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga memiliki nutrisi yang diperlukan bagi tubuh, seperti vitamin B dan zat besi. Contoh makanan kaya protein adalah daging sapi, unggas, makanan laut, kacang kering, kacang polong, telur, dan biji-bijian. Produk kedelai seperti tahu dan burger vegetarian juga merupakan sumber protein yang baik. Ketika makan daging, pilih lah daging rendah lemak dan usahakan meminimalkan daging olahan yang tinggi natrium.

Biru = Susu Kelompok ini mencakup susu dan produk susu lainnya yang memiliki kandungan kalsium, seperti yoghurt dan keju. Susu kedelai yang diperkaya kalsium juga termasuk dalam kelompok susu. Selain kalsium, produk susu juga sumber penting dari vitamin D dan protein. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan menggunakannya untuk kesehatan tulang dan gigi. Sajikan susu rendah lemak atau tanpa lemak untuk si kecil yang telah berusia lebih dari 2 tahun. Nah, sekarang tentu kita lebih siap untuk menerapkan My Plate di atas meja makan, karena begitu banyak manfaatnya, yakni buah hati akan mendapatkan gizi yang seimbang yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, mencegah supaya anak tidak menjadi obes dan mencegah berbagai komplikasi akibat obesitas, seperti hiperkolesterolemia, sakit jantung dan sebagainya, dan tentu mencegah anak kekurangan gizi.