Tips Memperbaiki Rumah yang Bocor

Diketahui! Waterproofing itu sifatnya tidak abadi. Produk ini memiliki masa kadaluarsa jika sudah diaplikasi. Ini yang harus dipahami dan dimengerti banyak orang. Anggapan, kalo sudah di-waterproofing akan antibocor selamanya itu adalah salah. Apapun jenisnya, waterproofing memiliki masa kadaluarsa sekitar 2 tahun. Artinya, Anda harus melapisi area-area yang rentan terkena bocor sebelum tenggat waktu mencapai 2 tahun.

Perhatikan Waktunya

Sudah diperbaiki tetapi masih bocor? Bisa jadi, Anda salah waktu mengerjakannya. Ya, walau sudah diketahui sumber bocornya, menangani bocor tidak bisa dilakukan di hari itu juga. “Jika semalam rumah Anda mengalami kebocoran, jangan langsung menambal dengan waterproofing di pagi harinya,” ucap Hendra. Area bocor yang akan di waterproofing harus dalam kondisi kering, bukan basah. Minimalnya, dibutuhkan waktu 1×24 jam, hingga area bocor kering dan siap diperbaiki. Jika hari itu masih mendung, tutup area bocor dengan menggunakan pelindung lain seperti plastik atau terpal. Setelah area bocor kering sempurna baru lakukan waterprooring. Setelah diperbaiki dengan waterproofing, area tersebut masih membutuhkan waktu 1×24 jam untuk proses pengeringan. Jika kurang dari 1×24 jam area yang sudah di-waterproofing terkena air lagi, ada kemungkinan pelapis anti-bocor ini tidak berfungsi sempurna.

Aplikasi Harus Tepat

Jika keseluruhan hal di atas sudah Anda lakukan, tahap terpenting adalah aplikasi. Ini dia tahapan yang benar.

  1. Cek kondisi permukaan (dinding, atap, atau lantai) yang akan di waterproofing. Jika Anda ada retak rambut atau struktur di permukaan, Anda harus memperbaikinya terlebih dahulu. 2. Cek juga apakah permukaan tersebut ada jamur atau lumut. Jika ada, Anda harus membersihkannya dengan menggunakan material khusus pembersih jamur dan lumut, seperti Lenkote Biocidal Wash. 3. Jika permukaan tidak ada masalah atau sudah diperbaiki masalahnya, Anda bisa langsung membersihkan permukaan yang akan di waterproofing. Bersihkan secara detail hingga permukaan bebas debu, kotoran, minyak, dan bahanbahan pengotor lainnya. 4. Setelah itu, Anda bisa melakukan proses waterproofing pertama dengan menggunakan kuas atau roll (berbahan elastomeric). Tunggu sekitar 30 menit hingga kering sentuh. 5. Lakukan proses waterproofing kedua di tempat yang sama. Jika pengecatan pertama Anda kuaskan secara vertikal, maka pengecatan kedua harus Anda lakukan secara horizontal. Ini dilakukan agar lapisan tersebut membentuk “anyaman” yang kuat. 6. Lakukan proses pengeringan, minimal 1×24 jam agar waterproofing menempel sempurna.

Untuk masalah sumber listrik cadangan, rumah perlu adanya sebuah genset. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset 1000 Kva di Jakarta yang memberikan garansi dan harga diskon.