Tips Mengenal Gadget Pada Si Kecil

Belakangan, gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan kita dan si Kecil. Tanpa disadari kedekatan anak dengan gadget dapat menghambat tumbuh kembangnya. Berikut cara tepat mengenalkan gadget kepada si Kecil. Tak dapat dipungkiri, teknologi semakin canggih dan bisa diakses kapan saja. tak terkecuali dalam mengasuh si kecil. Banyaknya permainan edukastif pada gadget membuat kita memberi gadget pada anak, bahkan sering kali kita menggunakan gafget sebagai alat untuk menenangkan si kecil saat ia sedang rewel. Hal tersebut dapat memengaruhi proses tumbuh kembang anak, baik positif maupun negatif. Berikut ini dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan.

Gangguan Kesehatan

Terlalu lama beramin gadget dapat menyebabkan gangguan tidur serta gangguan kesehatan otot dan tulang. Selain itu dapat menyebabkan obesitas karena bermain gadget membentuk gaya hidup tidak aktif.

Gangguna konsentrasi

Bermain game atau menonton televisilebih dari 2 jam sehari setiap hari dapat menyebabkan gangguan konsentrasi. Akibatnya, anak sulit menekuni sesuatu yang tidak bergerak, seperti memerhatikan isi buku atau menggambar dan mewarnai.

Kenalkan gadget kepada si kecil

Seperti sudah disebutkan tadi, gadget sebetulnya bisa memberi pengaruh positif pada si kecil asalkan digunakan dengan tepat. Yuk ajak si kecil untuk menjelajah berkarya dengan menggunakan gadget. Berikut beberapa tips

Anak usia dibawah 5 tahun disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan gadget, karena otaknya masih berkembang dengan pesat.

Menjelajah lewat gadget

Ajak si kecil untuk menjelajah melalui aplikasi pada gadget dengan mengenalkan bunyi, bentuk, warna ataupun kata-kata.

Ciptakan karya melalui gadget

Untuk si kecil yang lebih besar , ajak ia berkarya dengan mewarnai, membuat puzzle, ataupun bermain alat musik.

Rambu bergadget

Arahkan si kecil pada konten yang bermanfaat sesuai usia.

Jangan jadikan gadget sebagai babysitter atau penghibur kala dia rewel.

Batasi kegiatan si kecil dengna gadget, termasuk menonton televisi dan main komputer, maksimal 2 jam sehari.

Dampingi selalu si kecil saat dia menggunakan gadget dan berinteraksilah dengan aktif, sehingga gadget dapat menjadi media belajar yang efektif.

Berikut juga informasi lengkap mengenai tempat terbaik kursus persiapan IELTS di Jakarta.